Sabtu, 27 Desember 2008

60% Penduduk Dunia Gunakan Ponsel

NEW YORK - Sebuah asosiasi mengklaim, sekira empat miliar ponsel telah digunakan oleh seluruh masyarakat dunia. Angka ini mencakup sekira 60 persen penduduk dunia.

Pernyataan ini dilontarkan asosiasi industri nirkabel yang mewakili seluruh vendor ponsel GSM, 3G Americas, berdasarkan pengamatan mereka hingga Desember 2008 ini.

Menurut organisasi ini, masyarakat di beberapa negara dunia telah merasakan pengalaman terkoneksi dengan dunia untuk pertama kalinya melalui jaringan nirkabel. Bahkan teknologi tanpa kabel itu telah mampu mengubah kehidupan ekonomi, sosial dan politik mereka.

Dalam daftar 3G Americas, beberapa negara yang memiliki pertumbuhan nirkabel cukup pesat adalah Amerika Latin dan negara Karibia, yang masing-masing mengalami peningkatan sekira 16 persen dari tahun ke tahun. Bahkan jumlah pelanggan seluler di negara-negara tersebut akan meningkat menjadi 440 juta.

Ke depan, 3G Americas sangat antusias untuk mengadopsi teknologi jaringan terbaru LTE.

"Teknologi generasi ketiga terus berlanjut hingga kini dan operator GSM memiliki jalur yang jelas untuk melangkah menuju LTE," ujar Presiden 3G Americas Chris Pearson, seperti dilansir melalui PC Magazine, Jumat (26/12/2008). Bahkan menurut Pearson, operator CDMA pun juga dapat menggunakan LTE untuk meningkatkan teknologi jaringan yang mereka miliki.

Dalam studi yang dilakukan terpisah, perusahaan riset Informa menyatakan, sekira 415 juta pengguna ponsel telah menggunakan jaringan 3G dan sekira 77 persen di antaranya menggunakan jaringan HSDPA. Sedangkan 95 juta pengguna ponsel lainnya telah mengandalkan CDMA EV-DO. (srn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar